Sabtu, September 10, 2011
0
Aku bukan orang gila, sodara...
tapi anak-anak kecil mengejek..
orang-orang tertawa
ketika kukatakan kepada mereka; "aku temanmu"...
beberapa anak ketakutan
yang lain tiba melempari batu



Aku menangis di bawah pohon trembesi
Di atas dahan ku dengar seekor burung bernyanyi
Anak-anak berkata :"lucu benar orang gila itu..sehari muput menangis tersedu-sedu"
Orang-orang yang lewat di jalan berkata pelan; "orang itu sudah jadi gila sebab terlalu berat menafsir makna dunia"

Sekarang ku susuri saja sepanjang jalan raya
sambil bernyanyi : aku bukan orang gila
Lewat pintu atau lewat jendela
Nampak orang-orang menggelengkan kepala mereka ;
"kasihan orang yang dulu terlampau sabar itu. Dunia berputar. Kini ia jadi seperti itu"

Ku pukul tong sampah dan tiang listrik
Kunyanyikan lagu tentang lapar yang menarik, kalau hari ini aku tak makan lagi
Jadi genap sudah berpuasa dalam tiga hari
Tapi pasar sudah sepi
Sayang sekali tak ada yang memberikan nasi
Kemana aku mesti pergi....?
Kemana lagi.....?

"Orang itu sudah lama gila" kata mereka
"Tapi hari ini begitu pucat tampaknya.Apa yang kiranya telah terjadi padanya ?"
Akan aku katakan pada mereka
"Aku tidak gila ! Aku orang lapar, sodara !"

Ku dengar berkata seorang ibu
"Jangan kalian ganggu orang gila itu, anakku...nanti kalian semua diburu"
Orang kota semua telah mengada-ada, aduhai menuduhku seorang yang sudah gila
Aku toh cuma menangis tanpa alasan
Tertawa-tawa sepanjang jalan
Aku tidak gila, sodara !

0 komentar:

Posting Komentar

Leave your comments and get backlink from Cara Pujangga.
No spam, please.